Gogle Adsense

Minggu, 27 Maret 2011

Java

Sejarah Java  
Bahasa pemrograman java pertama, yang dinamakan juga dengan Oak. Lahir dari The Green Project,  yang berjalan mulai awal tahun 1991 hingga musim panas 1992 (Anonymous D).  proyek ini dimotori oleh Patrick Nougton, Mike Sheridan, James Gosling, dan Bill Joy beserta Sembilan programmer lainya dari Sun Microsystem. Proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program pertama, yang diperuntukan sebagai  pengontrol sebuah  peralatan dengan teknologi Touch Screen.
Seperti pada PDA sekarang ini teknologi baru dinamakan Star Seven (*7).  Era setelah star seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel berkerjasama dengan beberapa orang dari The Green Project. Dalam rentang waktu yang singkat ditetapkan bahwa internet merupakan medium yang menjembatani kerja dan ide diantara mereka. Mereka menjadikan Webbrowser Mosaic menjadi landasan awal untuk membuat java browser pertama yang dinakamakan “ Web Runner ” perkembangan release  pertama, Web Runner menjadi Hot Java.
Kesukseskan pertama mereka diikuti dengan untuk pertama kali diberitakan dalam surat kabar Sun jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995. Sayangnya terjadi perpecahan diantara mereka, tiga dari pimpinan utama proyek Erict schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andeerssen membuat Netscape.
Nama Oak diambil dari pohon Oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja “ Bapak Java “, James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release java karena sudah terdaftar pada software denagan merk dagang itu, sehingga diambil nama penggantinya menjadi “Java”, diambil dari nama kopi tubruk kesukaan bapak Gosling.

Teori Pemrograman Java
Bahasa java merupaka karya Sun Microsystem Inc. rilis resmi level beta dilakukan pada November 1995. Dua bulan berikutnya Netscape menjadi perusahaan pertama yang memperoleh lisensi bahasa java dari sun. Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP) yang dapat djalankan pada berbagai platform sistem operasi. Perkembangan java tidak hanya terfokus pada satu sistem operasi, tetapi beberapa sistem operasi yang bersifat open source. 
Bahasa pemrograman java sendiri terbagi menjadi 3 Edition, yaitu :
 
1.      Java 2 Platform, Standard Edition (J2SE)                                               
Platform digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi Java pada level Personal Computer (PC). Platform ini berisi class-class inti pada Java dan Graphical User Interface (GUI).
2.      Java 2 Platform, Micro Edition (J2ME)
Platform ini digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi aplikasi Java pada handheld devices atau perangkat-perangkat semacam handphone, Personal Digital Assistance (PDA) dan PocketPC
3.       Java 2 Platform, Enterprise Edition (J2EE)
      Platform ini ber upa paket yang berisi class-class dan interface -interface yang digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi Java berbasis web, seperti class-class Servlet, Java Server Pages (JSP) dan Enterprise JavaBeans (EJB) serta Java CORBA.
Keunggulan Java :
1.      Sederhana
      Bahasa pemrograman java menggunakan sintaks mirip C++ namaun sintaks pada java telah banyak diperbaiki terutama menghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan multiple inheritance. Java juga menggunakan automatic memory allocation dan memory garbage collection.
2.       Berorientasi Objek
      Java menggunakan pemrograman berorientasi objek yang membuat program dpat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia nyata kedalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.
3.       Dapat didistribusikan dengan mudah                                                     
Java dibuat untuk membuat aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya libraries networking yang terintergrasi pada java, sehingga keamanan pada aplikasi lebih meningkat menjadikan aplikasi lebih aman.
4.       Reliabilitas Tinggi
      Java mempunyai reliabilitas yang tinggi, Compiler pada java mempunyai kemampuan mendeteksi error secara lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lain. Java mempunyai runtime-Exception handling untuk membantu mengatasi error pada pemrograman,dengan dukungan Java Virtual Machine (JVM). Java bisa dijalankan pada berbagai macam platform.
5.       Multithereading
      Java mempunyai kemampuan untuk membuat suatu program yang dapat melakuakan beberapa pekerjaan dan simultan.
6.       Dinamis
      Java didesain untuk dapat dijalankan pada lingkungan yang dinamis. Perubahan pada suatu class dengan menambahkan properties ataupun method dapat dilakukan tanpa mengganggu program yang menngunakan class tersebut. 
Komponen Java
Java terdiri dari beberapa komponen-komponen penting yaitu :
a.      Source Files
Source files adalah file text yang menyusun suatu kode java. Source file java ditandai dengan extensinya yaitu *.java, extensi inilah yang menjadi cirri-ciri utama source file. Misalnya VideoPlayer.java ini merupakan source file yang berisi text kode java dengan extensi *.java
b.       Identifier
      Declaration adalah sebuah pernyataan yang menerangkan sebuah class, interface, method, package, dan variable dalam suatu source file.   
c.        Packages
Packages adalah sebuah entitas atau kesatuan sebagai tempat untuk menggabungkan kelas-kelas.
d.       Class
Class adalah suatu file yang melambangkan atau menandakan sebuah objek, dalam bahasa pemrograman java. Class selalu menggunakan extensi *.class.
Misalnya Barang.class.
e.        Methods
Methods adalah menerangkan atau member fungsi yang akan dikerjakan oleh suatu clas.
f.          Interface
Interface adalah merupakan sebuah bentuk tampilan yang akan ditampilkan kepada pengguna secara langsung.
g.       Variable
Variable adalah suatu item yang digunakan data untuk menyimpan pernyataan objek.
h.       Constructor
Constructor adalah method dimana seluruh inisialisasi objek di tempatkan.
i.          Flow Control
Flow Control adalah pernyataan dari java yang mengijinkan user untuk memilih dan mengeksekusi blok kode yang spesifik dan mengabaikan blok kode yang lain. Flow control dibagi menjadi 2 yaitu control pemilihan dan control perulangan.
1)      Kontrol Pemilihan 
a)      Statement if
if ( boolean_expresion )
            statement ;
b)      Statement if-else
if ( Boolean_expression )
            statement ;
else
statement;
c)      Statement if-else-if
if ( Boolean_expression1 )
            stament1;
else if ( Boolean_expression2 )
            statment2;
            else
            statment3;
d)     Statement Switch
switch ( switch_expression ) {
case case_selector1:
            statment1;//
            satament 2;// block1
            ….//
break;
case case_selector2:
            statement1;//
            statement2;//block2
            …//
break;
Default;
2)      Kontrol Perulangan
e)      While-Loop pernyataan ini akan terus melakukan perulangan dan akan berhenti jika menemukan kondisi yang cocok
while ( boolean_expresion ) {
            statment1;
            statment2;
                                             ….        }
f)       Do-While-Loop pernyataan ini akan terus melakukan perulangan dan akan berhenti jika menemukan kondisi yang benar ( true )
do {
            satatment1;
            statment2;
            …
} while ( Boolean_expresion );
g)      for loop pernyataan ini akan melakukan perulangan unguk mengeksekusi kode yang sama sebanyak jumlah yang telah ditentukan
for (initializationexpresion; loopcondition; stepexpresion){
            statement1;
            statment2;
            …        }

Fase Pemrograman Java
            Langkah pertama dalam pembuatan program berbasis java adalah menuliskan kode program pada text editor. Contoh text editor yang dapat digunakan antara lain : Notepad, JCreator, Netbens IDE, dan sebagainya. Kode program yang dibuat kemudian tersimpan dalam sebuah file ber-ekstensi *Java. Setelah membuat dan menyimpan kode program tersebut dengan menggunakan java compiler. Hasil dari kompilasi berupa file bytecode denagn ekstensi *class
             File yang mengandung bytecode tersebut kemudian akan dikonversikan oleh java interpreter menjadi bahasa mesin sesuai dengan jenis dan platform yang digunakan.
Seperti terlihat pada gambar dihalaman berikut ini yang menjelaskan aliran proses kompilasi dan eksekusi sebuah program java.

             



Tidak ada komentar:

Posting Komentar