Gogle Adsense

Senin, 28 Maret 2011

Macam-Macam Koneksi Java Dengan Database Server

Java menyediakan standar API untuk mengakses database yang disebut Java Database Connectivity (jdbc). Berikut adalah Class yang digunakan dalam JDBC API. Untuk melakukan koneksi database di Java, diperlukan pemahaman penggunaan Java DataBase Connectivity (JDBC). Secara singkat, JDBC adalah metode yang digunakan oleh Java untuk terkoneksi ke DBMS melalui pustaka yang sudah disiapkan. Pustaka berupa file jar. JDBC melakukan koneksi langsung ke database tanpa menggunakan layer Sistem Operasi layaknya ODBC pada sistem operasi Windows.
Untuk melakukan koneksi ke database di java menggunakan JDBC, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
  • Pastikan sudah memiliki driver database. Driver tersedia dalam bentuk file Java Archive (JAR). Contoh file jar untuk koneksi database ke oracle adalah ojdbc14_g.jar
  • Ketahui Connection String untuk berbagai macam database yang ada. Umumnya tersedia pada lokasi penyediaan file jar atau halaman FAQ atau dokumentasi.
  • Catat nama database (buka nama table, untuk oracle menggunakan SID), nama user dan password
  • IP database server dan port database
Jika point2 di atas sudah terpenuhi, maka koneksi database dapat dilakukan. Pada bahasan ini akan diberikan langkah-langkah untuk koneksi ke database, koneksi ini dapat diimplementasikan di aplikasi Java berbasis desktop maupun web.

  • java.sql.Connection : untuk membuat koneksi database. Secara abstrak memberikan detail dari bagaimana cara untuk berkomunikasi dengan database server.
  • java.sql.DriverManagar : Mengatur JDBC driver yang digunakan oleh aplikasi. Pada hubungannya dengan proper driver URL dan proper authentification, dapat  menyediakan aplikasi dengan valid instances dari object koneksi.
  • java.sql.Statement : method untuk ekskusi  pernyataan SQL
  • java.sql.ResultSet : menyediakan hasil dari pernyataan SQL
  • javax.sql.DataSource : memisahkan detail (URL, authentification details) dari bagiamana untuk memperoleh koneksi ke database
Driver SQL Server 2000 dan Driver mysql
Berbasis driver, sehingga cuma perlu tahu user dan password di database tanpa perlu ada konfigurasi tambahan. Bahkan drivernya sendiri sudah ada dalam bentuk class di aplikasi ini. Tinggal masukkan username, password, ketik nama database-nya, klik update database. Kalo koneksi berhasil, langsung ada pilihan tabel yang akan dilihat dari combobox dan perintah query yang bisa dijalankan.
sqlServerDriver="com.microsoft.jdbc.sqlserver.SQLServerDriver";
String sqlServerUrl="jdbc:microsoft:sqlserver:"; //jdbc:microsoft:sqlserver://localhost;DatabaseName="+db;

mySqlDriver="com.mysql.jdbc.Driver";
mySqlUrl="jdbc:mysql:";//jdbc:mysql://localhost/dbme

+ ODBC
Menggunakan fasilitas dari windows Data source yang bisa digunakan untuk menghubungkan berbagai jenis database, dari oracle sampai file teks biasa. Yang harus dilakukan adalah membuat datasource dari Administrative tools di control panel, pilih jenis database yang akan dikoneksikan, lakukan konfigurasi sampai selesai. Setelah itu masukkan nama Datasource-nya di aplikasi ini, langsung update database. Apabila koneksi berhasil, pilihan tabel yang bisa dipilih langsung keluar.
odbcDriver="sun.jdbc.odbc.JdbcOdbcDriver";
odbcUrl="jdbc:odbc:"; //jdbc:odbc:sqlKuliah

+ koneksi lainnya.
Bisa dengan mengubah setting yang disediakan, atau dengan driver yang bernar-benar baru. Misalkan, untuk koneksi mysql tapi dengan server di komputer yang berbeda, bukan di localhost, atau dengan port yang berbeda. Bisa juga misalkan dengan menambahkan driver oracle dengan setting path-nya, kemudian mengetikkan setting koneksi, database url, username dan password, di aplikasi ini.

+ koneksi ke odbc
Bisa melakukan koneksi ke odbc dengan berbagai macam jenis database yang berbeda, dengan kelemahan harus menambahkan datasource di setiap komputer untuk koneksi database. Selain itu juga lebih lambat dari driver biasa, karena adanya bantuan sistem operasi sebagai penghubung ke database.

+ koneksi ke driver database
Aplikasi ini membuktikan koneksi java ke database apapun, memiliki cara pemanggilan yang sama persis, dengan driver yang dibuat oleh vendor yang berbeda sesuai kebutuhan aplikasi. Jadi bisa saja Sebuah aplikasi java tidak dikhususkan untuk database tertentu, dengan konfigurasi berasal dari file teks atau registry, dan bisa di-setting secara runtime.
melakukan operasi database
Disediakan sebuah teksboks untuk mencoba perintah query berjenis execute query, bukan update query. yaitu perintah query yang menghasilkan record untuk ditampilkan di jtable, dengan perintah select dan variasinya.
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar